Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang

Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang Pilgub Jabar 2018 Forum Pemerhati Pilkada Jabar: K...

Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang

Pilgub Jabar 2018

Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang

WALAU masa pendaftaran pasangan calon ke KPUD masih dua bulan lagi, beberapa partai politik telah menyampaikan figur yang akan...

Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan WewenangDOK GRAFIS TRIBUN JABAR / WAHYUDI UTOMOInfografis Peta Pilgub Jabar 2018.

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIANJUR - Pilkada Jawa Barat 2018 telah memasuki masa deklarasi pengusungan calon gubernur.

Walau masa pendaftaran pasangan calon ke KPUD masih dua bulan lagi, beberapa partai politik telah menyampaikan figur yang akan diusungnya pada Pilgu b Jabar 2018 nanti.

Pengumuman yang terlalu dini kepada publik ini dipandang menguntungkan dari sisi strategi kampanye, bakal calon jadi punya bonus waktu untuk sosialisasi dan konsolidasi namun di sisi lain juga mengundang kekhawatiran banyak pihak akan terjadinya konsolidasi dan mobilisasi yang melibatkan birokrasi dan aparat sipil negara serta struktur pemerintahan di akar rumput seperti RT dan RW.

Forum Pemerhati Pilkada Jabar dalam rilisnya yang diterima redaksi, Sabtu (3/11/2017), mengungkapkan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang dan keterlibatan birokrasi pemerintahan sampai tingkat desa, RW dan RT dalam pemenangan calon di masa sebelum kampanye sangat mungkin terjadi.

Agus Salim, Koordinator FPP Jabar menyebut viralnya surat bersifat penting, perihal Pembinaan RT/RW yang dikeluarkan Camat Kecamatan Cikalongkulon menjadi contoh rawannya pilkada Jabar melibatkan birokrasi.

Dalam surat yang ditandatangani camat itu jelas ada perintah kepad a para Kepala Desa untuk menghadirkan seluruh ketua RW dan ketua RT dalam acara pembinaan, uniknya yang akan melakukan pembinaan justru adalah mantan Bupati Cianjur yang merupakan deklarator dukungan warga Cianjur kepada salah seorang calon yang bakal bertarung di Pilgub Jabar 2018.

Agus Salim juga mempertanyakan sebutan "Bupati Sepuh" di dalam surat resmi yang ditandatangani camat tersebut. Ia menegaskan, istilah "Bupati Sepuh" tidak dikenal dalam tata negara.

“Ini preseden buruk yang merusak norma yang berlaku. Warga Cianjur dan bawaslu dan panwaslu Cianjur harus jeli dan mengawasi kemungkinan kampanye dan mobilisasi menggunakan dan memanfaatkan jalur birokrasi,” kata Agus Salim. (*)

Editor: Dicky Fadiar Djuhud Sumber: Tribun Jaba r Ikuti kami di Oknum Guru Terekam Kamera Beraksi Asusila di Kelas, Fakta di Baliknya Menghebohkan! Sumber: Tribun Jabar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,1,
ltr
item
Berita 24 Jawa Barat: Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang
Forum Pemerhati Pilkada Jabar: Kemungkinan Terjadinya Penyalahgunaan Wewenang
http://cdn2.tstatic.net/jabar/foto/bank/images/peta-pilgub-jabar-2018_20170809_212514.jpg
Berita 24 Jawa Barat
http://www.jabar.berita24.com/2017/11/forum-pemerhati-pilkada-jabar.html
http://www.jabar.berita24.com/
http://www.jabar.berita24.com/
http://www.jabar.berita24.com/2017/11/forum-pemerhati-pilkada-jabar.html
true
5314100496775417756
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy