www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018

Posted by On 19.20

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018IDN Times/Sukma Shakti

Jakarta, IDN Times â€" Belum genap sebulan berjalan, 5 kasus teror bom terjadi di Indonesia. Teror yang dilakukan berupa teror bom dan juga teror berbentuk penyerangan. Memasuki bulan Ramadan yang jatuh pada esok hari, Rabu (17/5) tercatat setidaknya 5 kasus teror telah mengancam Indonesia.

Terjadi mulai dari provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Riau, 5 kasus ini merupakan kasus teror yang cukup besar. Di samping lima kasus ini, polisi juga sempat menangani kasus-kasus teror lainnya.

Puluhan orang meninggal dunia akibat kasus teror ini. Pihak kepolisian diharapkan dapat segera menyelesaikan kasus teror yang terjadi.

1. Teror di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kerusuhan yang terjadi antara pihak kepolisian yang berada di komplek Mako Brimob, Depok, Jawa Barat degan narapidana teroris yang menjadi tahanan. Dalam kerusuhan ini enam polisi sempat dijadikan sandra.

Baca juga: 5 Fakta Tak Terduga Pelaku Bom di Surabaya, Tinggal di Rumah Rp 1 M Lebih

Lima di antaranya meninggal dunia di tangan narapidana teroris. Satu tahanan teroris juga meninggal dunia karena insiden tersebut. Pasca kejadian tersebut, 145 narapidana teroris dipindahkan dari Mako Brimob ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

2. Bom di 3 Gereja di Surabaya

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei    2018KemensetnegRI

Berpindah ke Jawa Timur, 3 Gereja pada hari Minggu (13/5) silam mengalami teror. Dalam teror kali ini, pelaku diketahui merupakan satu keluarga. Bom diledakkan di Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pentakosta Jalan Arjuna.

Keluarga yang diketahui merupakan anggota dari kelompok JAD itu tewas dalam aksinya. Dalam insiden ini, tiga anak diajak ikut serta bersama orangtuanya dalam melakukan aksi bom bunuh diri ini.

Dalam aksi ini, ada pula kisah heroik seorang warga gereja, Aloysius Bayu, dengan berani menghalangi motor yang digunakan pelaku teror bom untuk memasuki wilayah Gereja Santa Maria Tak Bercela.

Akibatnya, bom meledak bersama dua pelaku yang diketahui kakak beradik dan turut menewaskan Bayu. Bayu meninggalkan seorang istri dan dua orang anak yang masih kecil.

3. Bom di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo

EDITORS' PICKS

  1. Cisca dan Liem, Pelesiran Dua Sahabat yang Berujung Duka
  2. Keuskupan Agung Jakarta: Jangan Gunakan Aksi Teror untuk Kepentingan Politik
5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018ANTARA FOTO

Masih di tanggal yang sama, Minggu (13/5), malam rusunawa Wonocolo, Sidoarjo menjadi lokasi lain terjadinya teror. Ada dugaan bom yang meledak dalam aksi teror ini terjadi karena terduga teroris tidak sengaja meledakkan bom rakitannya.

Pelaku teror bom ini diketahui merupakan satu keluarga yang masih memiliki hubungan dengan keluarga pelaku teror bom di 3 Gereja di Surabaya, pagi harinya. Dalam insiden ini 3 orang tewas yang merupakan ayah, ibu dan anak sulung mereka. 3 anak lainnya mengalami luka dan dalam perawatan.

Pihak KPAI saat ditemui di kantor KPAI, Jakarta, menyatakan akan bekerja sama dengan PPA Jawa Timur untuk melakukan pendampingan terhadap anak-anak yang menjadi korban dan diaja k ikut serta dalam aksi teror bom ini.

4. Bom di Polrestabes Surabaya

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018Istimewa

Masih di Kota Surabaya, sehari pasca kejadian ledakan teror bom yang terjadi di 3 Gereja, pada Senin (14/3) di Mapolrestabes Surabaya terjadi juga teror bom. Dalam teror kali ini, kembali diketahui dilakukan oleh satu keluarga.

Sepasang suami istri dengan tiga orang anaknya mendatangi Polrestabes Surabaya dengan menggunakan dua sepeda motor. Saat masih berada di palang gerbang masuk Polrestabes Surabaya, bom meledak.

Empat dari lima pelaku teror bom tewas di tempat. Empat polisi dan enam warga sipil juga menjadi korban dalam teror tersebut. Seorang anak kecil berjenis kelamin perempuan yang diketahui sebagai anak dari pelaku teror bom diketahui selamat dan dalam perawata n.

5. Penyerangan terduga teroris ke Mapolda Riau

5 Kasus Teror di Indonesia Selama Mei 2018Istimewa

Tepat sehari sebelum bulan Ramadan dimulai, Selasa (16/5), Polda Riau juga diserang oleh sekawanan orang yang diduga tergabung dalam kelompok terorisme. Kawanan ini terdiri dari lima orang yang diketahui menggunakan mobil Avanza putih.

Pada pukul 09.00 WIB pagi ini mobil diketahui mendesak masuk ke dalam Mapolda Riau dan dihalangi oleh pihak kepolisian. Empat orang lantas diketahui turun dari mobil dan menyerang dengan menggunakan samurai.

Seorang pelaku lagi sempat berusaha kabur dengan membawa mobil. Sampai saat ini diketahui seorang polisi gugur dalam aksi tersebut karena ditabrak oleh pelaku yang kabur dengan mobil. Empat orang pelaku lainnya tewas tertembak polisi. Dua wartawan dikabarkan turut menjadi kor ban luka dalam insiden ini.

Baca juga: Mapolda Riau Diserang Teroris, 1 Orang Tewas

Read More Sugeng WahyudiEditorSugeng WahyudiLine IDN TimesSumber: Google News | Berita 24 Jabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »