www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bingung Ada Cuaca Ekstrem di Berbagai Daerah di Indonesia Akhir-akhir Ini? Ternyata Karena Ini

Posted by On 07.51

Bingung Ada Cuaca Ekstrem di Berbagai Daerah di Indonesia Akhir-akhir Ini? Ternyata Karena Ini

Bingung Ada Cuaca Ekstrem di Berbagai Daerah di Indonesia Akhir-akhir Ini? Ternyata Karena Ini

Mulyono mengatakan, kejadian cuaca ekstrem akhir-akhir ini di beberapa daerah menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat.

Bingung Ada Cuaca Ekstrem di Berbagai Daerah di Indonesia Akhir-akhir Ini? Ternyata Karena Initribunnewsilustrasi hujan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat menjadi satu di antara beberapa wilayah di Indonesia yang potensi hujannya meningkat selama 18 hingga 21 Mei 2018.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribu n Jabar, Sabtu (19/5/2018), menjelaskan potensi cuaca itu.

Wilayah yang potensi hujannya meningkat selain Jabar adalah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Maluku.


Kemudian, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter juga diperkirakan terjadi di perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Lombok, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu-Pulau Rote, Laut Timor, Laut Banda timur Sulawesi Tenggara, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian barat dan tengah, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan NTT.

Mulyono mengatakan, kejadian cuaca ekstrem akhir-akhir ini di beberapa daerah seperti hujan lebat disertai angin kencang di Tuban, Bogor, dan Sukabumi, lalu banjir di Aceh utara p ada awal musim kemarau menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat.

"Hal tersebut dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia perairan barat Sumatera dan sirkulasi siklonik di Selat Karimata serta indikasi aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian barat dan tengah," ujar Mulyono dikutip dari keterangan tertulis.

Baca: Waspada! Daerah-daerah Ini di Jabar Masih Diintai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang,

Baca: Weekend di Bandung? Yuk, Cek Dulu Prakiraan Cuacanya!

Kondisi tersebut, lanjutnya, memberikan pengaruh terhadap pola cuaca dalam meningkatkan suplai uap air yang berkontribusi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

"Sehingga dampaknya terjadi peningkatan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia," kata M ulyono.

Masyarakat, ujarnya, diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti vanjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Penulis: Yongky Yulius Editor: Seli Andina Miranti Sumber: Tribun Jabar Ikuti kami di Kepergok Suami Berselingkuh dengan Rekan di DPRD, Seorang Wanita Kader PKS Purworejo Dipecat Sumber: Google News | Berita 24 Jabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »