www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sandal Cantik Manik-manik Khas Bali, diminati Pasar Jawa Barat

Posted by On 14.13

Sandal Cantik Manik-manik Khas Bali, diminati Pasar Jawa Barat

Ekonomi Sandal Cantik Manik-manik Khas Bali, diminati Pasar Jawa Barat Sandal Cantik Manik-manik Khas Bali, diminati Pasar Jawa BaratIbu Rodiyah saat menjahit sandal jepit manik-manik. Rabu (30/5/2018). (FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia) Rabu, 30 Mei 2018 - 19:28 2.77k

TIMESINDONESIA, BADUNG รข€" Dengan mengunakan jarung berukuran kecil dan benang berbahan senar gelasan, Ibu Rodiyah (36) dengan sabar memasang monte atau hiasan manik-manik dan hiasan bunga jepun ke tali sandal jepit untuk dijadikan sandal manik-manik.

Rodiyah, saat ditemu di rumah produksinya di Jalan Pelita, nomor 31, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Bali, menyampaikan bahwa dirinya sudah 7 tahun menekuni bisnis sandal manik-manik khas Bali tersebut.

sandal-manik-manik.jpg

"Kalau untuk sandalnya sendiri, saya ngambil di pengepul yang ada di Denpasar. Sampai di sini baru dijahit untuk memasang manik-manik sama hiasan bunga," ucapnya. Rabu (30/5/2018) sore.

Rodiyah juga mengatakan, bahwa untuk menjahit manik dan bunga di sandal cantiknya tersebut, dirinya tidak bekerja sendiri tetapi memperkerjakan para ibu rumah tangga di sekitar lingkungan rumahnya, dengan bayaran satu pemasangan manik-manik pada pasangan sandal jepitnya dengan ongkos Rp 1000 rupiah.

sandal-manik-manik-2.jpg

"Ada sekitar 30 orang, tapi bahannya dari saya, mereka cuma mengambil sandalnya lalu dijahit. Biasanya, dalam sehari mereka bisa memasang manik-manik sandal jepit itu 2 lusin atau 24 pasang sandal jepit," tutur, wanita asal Pulau Ra'as, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini.

sandal-manik-manik-3.jpg

Untuk kisaran harga sandal mani-manik dan hiasan bunga jepun berbeda. Untuk sandal mani-manik mulai ukuran paling kecil 38 sampai 41 dalam harga grosirnya Rp 9000, untuk sandal jepit hiasan bungan jepun semu ukuran seharga Rp 11 ribu.

sandal-manik-manik-4.jpg

"Kalau variasinya cuma dua, manik-manik dan motif bunga saja. Kalau penjualan saya kirim ke pasar Sukawati ( Pasar Seni, Gianyar, Bali). Tapi ada juga yang keluar Bali, saya kirim ke Pangandaran, Bandung, Jawa Barat," jelas Rodiyah.

Menurut Rodiyah, untuk penjulan sandal cantiknya tersebut tahun ini sangat menurun. Tidak seperti tahun yang lalu selalu ramai pesanan sandal manik-manik miliknya. "Kalau dulu dalam satu Minggu bisa kirim 3 kali. Dalam satu kiriman bisa seribu pasang. Kalau sekarang iya sepi. Omzetnya hanya cukup buat kehidupan sehari-hari," tutupnya.(*)

You can tell friends this news!
Jurnalis : Muhammad Khadafi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

Berita Lainnya

Spectr News Theme 2.42k

Antisipasi Harga N aik, Pemkot Malang Bakal Gelar Pasar Ramadhan

Spectr News Theme 2.62k

BI Jember Umumkan Mekanisme Penukaran Uang dengan Sistem Paket

Spectr News Theme 3.68k

RDG BI: BI 7-Day Reverse Repo Rate Naik 25 bps Jadi 4,75 Persen

Spectr News Theme 3.40k

Antisipasi Inflasi Diskoperindag Gelar Pasar Murah Ramadhan 2018

Spectr News Theme 4.79k

Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkab Bondowoso Gelar Pasar Murah

Spectr News Theme 3.60k

Gandeng Pesantren di Cirebon, Kemendag Gelar Pasar Murah

Spectr News Theme 3.69k

Mendag: Selama Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Cirebon Stabil

Spectr News Theme 3.81k

Harga Referensi CPO Turun 2,25 Persen, Biji Kakao Naik 8,49 Persen

Spectr News Theme 5.52k

BI Malang Malang Buka 110 Penukaran Uang

Sumber: Google News | Berita 24 Jabar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »